Lombok Bayan Culture

Đăng bởi : DUNIA PUNYA CERITA 2 weeks ago

929 lượt xem

Suku Bayan, Lombok Utara – Pada zaman dahulu Bayan dipimpin oleh seorang Raja atau disebut Datu Bayan yang bergelar Susuhunan Ratu Mas Bayan Agung, silsilah menyebutkan bahwa Raja Bayan bersaudara dengan tidak kurang dari 18 orang dari hasil perkawinannya dengan beberapa istri dan selir, saudara-saudara Raja Bayan kemudian menyebar dan beranak pinak ke seluruh pulau Lombok. Sejarah mencatat dari hasil perkawinan Raja Bayan dengan istri pertamanya mempunyai dua orang putra bergelar Pangeran Mas mutering jagad dan Pangeran Mas mutering langit kedua pangeran inilah yang kemudian meneruskan memerintah dan berkuasa di Bayan.

Datu Pangeran Mas Mutering Langit sebagai yang tertua berkedudukan di Bayan Timur diberikan mandat untuk menjalankan pelaksanaan adat gama sementara Datu Pangeran Mas Mutering Jagat berkedudukan di Bayan Barat diberikan tugas untuk menjalankan Pelaksanaan Adat Luir Gama. Kedua Datu Pangeran Mas tersebut dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam bidang sosial kemasyarakatan dan dalam menjaga alam lingkungan dibantu oleh antara lain Titi mas rempung berasal dari loloan,Titi Mas Puncan Surya yang berasal dari karang bajo dan Titi Mas Pakel yang berasal dari karang salah sedangkan dalam menjalankan bidang keagamaan dibantu oleh antara lain Titi Mas Pengulu dan Lebe Antasalam.

Nama Bayan diberikan ketika Islam berkembang pesat sekitar abad ke 16, dibawa oleh para ulama dan pedagang yang singgah di pelabuhan Carik . Nama Bayan sendiri di berikan setelah Raja Bayan menerima islam sebagai Agama kerajaan Bayan, Bayan berasal dari bahasa Arab berarti penerang sedangkan bagi Raja dan keluarganya yang masuk islam oleh para mubalig saat itu dinobatkan dan diberikan gelar raden kepada seorang laki-laki dan Denda kepada seorang perempuan,hal ini dimaksudkan untuk menghargai keturunan kerajaan. Dalam babad suwung daerah ini sering disebut kerajaan suwung atau kerajaan sepi, konon lebih banyak ditinggalkan penghuninya. Bayan sering disebut daerah tertua di Pulau Lombok merupakan pusat berkembangnya budaya yang menyebar ke se antero pulau Lombok. Adat saking gumi Bayan kutipan dalam salah satu yang tertulis di naskah lontar kuno berarti bahwa Adat masyarakat Lombok berpusat dari Gumi Bayan.

loading...
May be you like
loading...
Read previous post:
THVL | Sao nối ngôi – Tập 12: Sống để yêu thương – Hoài Anh Kiệt

Chương trình được phát sóng lúc 21h Thứ Ba hàng tuần trên kênh THVL1 và phát lại lúc 11h45 Thứ...

Close